PERAWATAN HARDWARE

CARA MERAWAT HARDISK

Walaupun harddisk bukan merupakan media tunggal dari bagian komputer namun harddisk mempunyai peranan yang sangat penting untuk setiap para pengguna komputer, karena harddisk merupakan media penyimpanan data, diringi dengan pemakaian komputer yang semakin lama kinerja harddisk pun lama kelamaan kian menurun bahkan dapat mnyebabkan harddisk menjadi rusak ataupun erorr, untuk mengantisipasi hal demikian, ada baiknya menyimak tips sebagai berikut :
Mengatasi permasalahan dapat dilakukan dengan cara :
1. Buang file yang tidak dibutuhkan, semakin banyak file yang disimpan diharddisk semakin lambat pula kinerja harddisk yang dihasilkan
2. Lakukan proses Defragment dan scandisk paling sedikitnya dua minggu sekali proses defrag dilakukan atau setiap habis melakukan penambahan atau install software-software aplikasi. Jika proses defrag tidak dilakukan bisa saja permasalahan buruk dapat terjadi seperti harddisk mulai berjalan lambat.

3. Dalam menghapus program aplikasi lakukan melalui menu setting, control panel lalu pilih Add remove hardware, janganlah membuang program aplikasi melalui Explore.

4. Dalam mematikan komputer harus mematikan dengan benar jangan sembarangan karena hal ini dapat menimbulkan permasalahan pada harddisk yang menyebabkan harddisk menjadi rusak, dapat menghilangnya file atau data serta dapat menyebabkan bad sector pada harddisk.

 

CARA MERAWAT MOTHERBOARD

Motherboard adalah pernagkat utama dari sebuah computer. Seumpama prosesor adalah otak maka motherboard adalah jantungnya. Karenanya, perawatan motherboard wajib sifatnya. Karena itu pantau motherboard dengan motherboard monitor. Memantau update BIOS motherboard juga perlu, dan gunakan BIOS Agent.
Download Motherboard Monitor dari http://www.livewiredev.com dan install-lah, pada instalasi terakhir pilihlah jenis dan tipy motherboard kamu lalu [next]. Setelah ter-install keterangan temperature dan kinerja motherboard akan muncul di system tray. Anda bisa mengesetnya dengan mengeklik ganda ikon informasi tersebut. Panatu motherboard dengan mengaktifkan dashboard (yang tampil menyerupai speedometer) dengan mengklik ikon di system tray dan pilih [dashboard]. Temperature dan voltase setiap komponen dalam CPU akan terdata dan terpantau lewat dashboard.

Masalah listrik ini pun bisa memperngaruhi keselamatan dari peralatan mesin komputer kita salah satunya adalah motherboard atau mainboard.

Motherboard atau mainboard ini sangat penting untuk kelancaran proses data karena semua komponen mulai dari prosesor, memori, media penyimpan data (storage), komponen Input-Output (I/O), kartu-kartu (cards) tertancap pada mainboard ini.

Agar mainboard ini bisa lebih lama atau awet dalam pemakaian maka perlu diperhatikan tips singkat berikut ini :

 

 

  1. Gunakanlah Uninterruptible Power Supply (UPS) dan stavolt sebagai pengaman tegangan listrik sehingga tidak terjadinya pengaruh terhadap kinerja mainboard apabila terjadi perubahan tegangan listrik secara tiba-tiba.
  2. Perhatikan kebersihan bagian dalam CPU khususnya mainboard, apabila kotor lakukan pembersihan mainboard dengan menggunakan kompresor udara atau bisa juga dengan menggunakan kuas kurang lebih 3 bulan sekali atau sesuai dengan kebutuhan.
  3. Ventilasi udara yang ada pada casing jangan ditutup sehingga memperlancar terjadinya pertukaran udara bebas kedalam ruang Central Processing Unit (CPU) agar menjaga temperatur di dalam ruang CPU.
  4. Bersihkan slot-slot atau konetor yang menghubungkan mainboard dengan komponen lainnya dari debu sekali sebulan.
  5. Saat membersihkan agar selalu memperhatikan ada atau tidaknya baut-baut yang tertinggal di dalam mainboard, apabila ada segera angkat dari tempatnya untuk menghindari terjadinya hubungan pendek (korslet).
  6. Jangan membiarkan komputer tidak digunakan/tidak dihidupkan dalam kurun waktu yang cukup lama. Usahakan sekurang-kurangnya 3 kali digunakan/dihidupkan dlam seminggu.

 

 

 

Tinggalkan komentar